Deep Web

Kita tau bahwa dunia internet itu luas sekali hanya sebagian kecil orang-orang yang bisa menggunakannya dengan maksimal.Orang-orang biasanya hanya mengunakan surface web untuk internet yang biasa kita susuri, sementara deep web merupakan sisi lain dari internet yang tersembunyi.



Surface web dan deep web bisanya di lambangkan dengan bongkahan es yang melayang di laut Ada yang bilang surface web hanya 10%nya dari deep web, namun ada juga yang bilang hanya 4%nya. Benar yang mana?
Teori ini sendiri pertama kali dipublikasikan oleh Michael K. Bergman pada tahun 2000. Ia mengatakan kalau ukuran deep web itu bisa 400 hingga 500 kalinya dari ukuran surface web. Ia juga menambahkan, kalau tepatnya ukuran deep web itu nggak bisa diukur.
Bagaimana pun juga deep web tetaplah internet, ia membutuhkan yang namanya server. Kalau memang benar deep web memiliki ukuran berkali-kali lipat lebih besar daripada surface web. Pastinya hal ini juga akan berlaku dengan servernya.

Berarti minimal setidaknya harus ada 20 server lain yang sebesar milik Google, Facebook dan Microsoft. Kamu bisa mulai membayangkan, betapa luar biasa besarnya. Sebagai informasi, server milik Google sendiri diperkirakan minimal ada 1 juta.Ini masih belum selesai, lalu bagaimana dengan pengelolaannya? Perawatannya? Biaya listrik? Berapa jumlah orang yang harus terlibat untuk menjalankan hal ini? Dan lain-lain. Bisakah kamu membayangkannya?
Tidak dapat dipungkiri, internet saat ini dibangun dengan jumlah biaya yang tidak sedikit. Jumlah orang yang terlibat pun jelas sangat banyak. Mengelolanya pun juga bukan lah suatu hal yang mudah.

Sumber : https://jalantikus.com/gokil/ukuran-deepweb-besar/

1 komentar:


EmoticonEmoticon